Tags

Bagai sulap, ternyata buku manual itu ada!

Polisi dan jaksa benar-benar dibuat terperangah dan kehabisan kata-kata saat terdakwa Charlie 'iPad' Sianipar mampu menunjukan buku manual berbahasa Indonesia di pengadilan. Sebab, buku itulah yang menjadi sebab musabab kenapa Charlie dituduh melanggar UU Perlindungan Konsumen dengan tidak mampu menunjukan ke polisi saat digeledah di tokonya, di Mall Ambasador November tahun lalu.

"Apakah bapak pernah melihat ini? Buku manual berbahasa Indonesia untuk menggunakan iPad?" tanya kuasa hukum Charlie, Andi Simangunsong, kepada polisi yang menggeledah toko Charlie, Brigadir Satu (Briptu) Atang Setiawan saat sidang di PN Jakarta Selatan, Jl Ampera Raya, Rabu (21/9/2011).


"Ya. Tapi itu tidak ada dalam dus kemasan iPad," jawab Briptu Atang dengan mata kaget.


"Apakah bapak tahu, ini bisa diperoleh dengan mendownload begitu konsumen beli iPad?" cecar Andi.


"Saya tidak tahu. Buku manual itu berupa lembaran, di dalam dus," jawab Atang.


"Dalam peraturan menyebutkan bahwa kewajiban menyertakan buku petunjuk manual berbahasa Indonesia atau 'dalam bentuk lain'. Apakah Saudara tidak tahu 'bentuk lain' tersebut bisa berupa digital, didownload versi pdf? " tandas Andi sambil mengangkat 209 halaman buku petunjuk yang telah di-print dari versi pdf.


"Saya tidak mempelajari. Saya hanya menjalankan perintah atasan," jawab Briptu Atang.


Sementara saksi kedua yang merupakan rekan Briptu Atang, Aiptu Yeni Dwiningsih mengaku hal serupa. Aiptu Yeni menyatakan telah menggeledah toko Charlie yang kemudian membawa 14 unit iPad sebagai barang bukti, tanpa menanyakan secara detail apakah iPad mempunyai buku petunjuk berbahasa Indonesia.


"Saya hanya menjalankan perintah atasan. Saya habis apel pagi, dapat perintah langsung laksanakan," jawab Aiptu Yeni di depan ketua majelis hakim Yonisman.


Sementara di meja penuntut umum, jaksa hanya diam. Jaksa mengalihkan perhatian dengan mengangkat faktur pembelian iPad yag digeledah di toko Charlie. Faktur tersebut yang dianggap jaksa sebagai bukti telah terjadi transaksi penjual dan konsumen seperti dalam dakwaan.


Rencananya, sidang akan dilanjutkan Rabu pekan depan dengan memeriksa saksi-saksi yang di surat dakwaan. Sementara usai sidang, Andi menyatakan ketidakpahaman polisi yang membuat Charlie sampai berurusan dengan pengadilan yang tidak perlu tersebut.


"Sangat disayangkan, polisi tidak memahami versi digital manual book. Ini justru paperless, go green. Dengan ini, hutan kita terselamatkan dari penebangan untuk bubur kertas," tukas Andi.



(Ari/irw)


Excerpt from detiknews.com. Oh what I would give to see the expression on Briptu Atang's face.

1 comment:

  1. Pertama, kedua polisi itu benar! Mereka menjalankan perintah (tugas) dan kalau Anda paham bahwa seorang bawahan HARUS menjalankan tugas, apapun itu, dalam dunia kepolisian dan militer, maka Anda tidak akan mengejek Briptu Atang dan rekannya! Yang salah adalah yang memberi perintah!!!

    Kedua, apakah kerna cumak mendownload pdf maka itu udah sebuah aksi menyelamatkan lingkungan?! Borjuis amat! Cobak cek dulu efek ekologis dari komputer, laptop dan iPad: mulai dari apa yang terjadi di pabrik (pengadaan bahan baku pembuatan barang) termasuk atas Buruhnya sampai pada pembuangan komputer, laptop dan iPad bekas plus jejak karbonnya.

    Menulis itu nggak gampang ternyata kaan!

    ReplyDelete